Memakai Helm Saat Tak Naik Motor Berbahaya…!! Mosoook…???

memakai helm saat tak naik motor_pantai holtekam jayapura

Gambar hanya ilustrasi.

Abaikan saja jika merasa kenal

😉

Ada sebuah kebiasaan di sebagian sobat biker kita yang biasanya enggan melepas helmnya saat sedang jalan-jalan setelah riding atau saat nonton sebuah event,dangdut promosi sebuah produk di pinggir jalan MISALNYA,atau sedang nonton balapan Liar atau bahkan saat nongkrong bareng teman-teman di pinggir jalan.

Sepertinya itu memang bukan sebuah masalah dan hak pribadi pengguna.

Tapi ternyata,ada seseorang yang menyatakan jika kebiasaan tersebut BERBAHAYA…

Mosook..?  [ benarkah ?? ]

Adalah sebuah analisa dari seorang dokter yang di muat di SINI menjelaskan sabab musabab dari kurang bagus nya kebiasaan memakai helm saat tidak sedang riding.

Naik motor nggak pakai helm salah,pakai helm saat nggak naik motor juga salah..,kan revooot. ;-)
Naik motor nggak pakai helm salah,pakai helm saat nggak naik motor juga salah..,kan revooot. 😉

Lalu bagaimana penjelasan tentang memakai helm saat tak berkendara itu kurang bagus bagi kesehatan..? Mari kita simak kutipannya.

Baca Juga :  Reques Pembaca : Komparasi Ninja 150 dan CBR 150

Hal serius pertama yakni persoalan beban di leher kita. Ahli kedokteran komunitas, dr. Aviandy Sukarto bilang, kita nggak boleh kelewat intens pakai helm. Supaya lebih jelas, ia membandingkan dua  helm dengan tingkat ideal yang berbeda.

Dari analisisnya, half-face punya ciri khusus karena beban terberat ada di sektor belakang dengan distribusi berat 75 % belakang, 25 % depan. Dalam ilmu fisiologis makin sering kita memekai helm apalagi nggak cuma saat naik motor, maka syaraf leher kita akan terganggu.

Apalagi jika bicara soal sirkulasi udara. Sampeyan yang jalan sambil berpanas-panas pakai helm bikin sirkulasi udara di kepala terganggu, terutama bagian belakang kepala yang  tertutup.  Apalagi helm murah yang desainnya nggak ideal juga relatif  berat.

Kelamaan akan mengalami gejala awal nyeri leher, leher kaku sampai bunyi gemeretamk saat digerakkan. “Saat bangun tidur akan terasa linu dan sulit nengok. Kalau dirontgen akan terlihat pengapuran arthrosis cervicalis,” jelas anggota Bintaro Bikers Community juga life member Cosanostra MC ini.

Oh ya nggak cuma itu, terlalu sering pakai helm apalagi kondisi panas, juga membuat kulit kepala tidak nyaman. Rambut bisa ketombean, rontok dan terjadi kebotakan.

Ealaah…ternyata seperti itu,to..?

Baca Juga :  Astra Motor Papua Segera Luncurkan All New Honda Vario 150, Catat Waktu dan Tanggalnya.

Bagaimana menurutmu,bro..?

Komentar

comments

Advertisements

16 tanggapan untuk “Memakai Helm Saat Tak Naik Motor Berbahaya…!! Mosoook…???

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: