Perjuangan Para Pembalap Muda Astra di Sesi Kualifikasi FIM CEV 2019 Seri Albacete.

ZonaMotor.NET – Para pembalap muda Astra Honda Racing Team mencatat hasil positif pada sesi kualifikasi putaran FIM CEV di Albacete. Meskipun beraksi di sirkuit yang masih asing, Mario Suryo Aji berhasil mengunci posisi start ke-13, yang menempatkannya di baris kelima saat balapan. Andi Gilang dan Gerry Salim, yang sama-sama punya pengalaman di sirkuit ini saat masih balapan di kelas Moto3, kini beraksi di kelas Moto2 dan masing-masing mendapatkan posisi start ke-14 dan ke-15.

Pada kualifikasi pertama (QP1) FIM Moto3 Junior World Championship, Mario Suryo Aji kembali menunjukkan kamajuan di kelas ini. Meskipun belum pernah membalap di Albacete sebelumnya, pebalap muda Indonesia ini berhasil menempati posisi ke-13 pada sesi pagi, lalu mencatat kemajuan saat turun pada QP2 yang berlangsung sore, dengan kondisi lintasan tidak terlalu bagus, dan mencatat posisi ke-6 tercepat. Catatan terbaiknya adalah 1 menit 34,759 detik yang menempatkannya di posisi start ke-13 saat balapan Minggu.

Albacete merupakan sirkuit yang sulit buat saya, kecil dan banyak titik hard brake. Sejak Kamis, kami terus mendapatkan kemajuan, sesi demi sesi, dan mencari set up terbaik untuk motor. Pada QP1, saya merasa tidak terlalu nyaman dengan motor, tetapi pada enam atau tujuh menit terakhir, saya mencoba memaksa hingga maksimal, dan akhirnya berada di urutan ke-13. Pada sesi sore, cuaca dan kondisi aspal berubah. Awalnya, membalap dengan ban yang sudah dipakai sangat sulit buat saya. Namun, sekali lagi saya memaksa pada saat-saat akhir, dan dengan ban baru serta penyesuaian pada suspensi ban belakang, saya bisa menajamkan waktu putaran saya. Saya akan start dari posisi ke-13. Targetnya adalah melakukan start yang bagus dan mencoba bersaing di grup depan sepanjang balapan ” , ungkap Mario daam rilis resmi yang diterbitkan Astra Honda Racing Team.

Sementara itu, dua pembalap Astra Honda Racing Team yang lain yakni Andi Gilang dan Gerry Salim, keduanya sudah pernah membalap di sirkuit ini saat masih turun di FIM CEV Moto3.

Akan tetapi mereka harus beradaptasi lagi karena jalur lintasan atau trek yang digunakan pada kelas Moto2 berbeda dengan lintasan yag digunakan di kelas Moto3.

Andi Gilang menutup hari kualifikasi dengan berada di peringkat ke-14 dengan catatan waktu terbaik 1 menit 33,583 detik yang dibuat saat sesi pagi.

Pada awal QP1, saya mengalami kesulitan untuk menemukan catatan waktu yang bagus dan menjadi cepat. Namun, sedikit demi sedikit kami mendapatkan kemajuan sepanjang sesi, dan pada percobaan terakhir dengan ban baru, saya merasa jauh lebih baik dan mencatat waktu terbaik pada akhir pekan ini. Pada sesi sore, saya mencoba untuk lebih cepat, tetapi kondisi lintasan lebih sulit dibandingkan saat sesi pagi karena cuaca yang sangat panas. Kami memulai sesi dengan memakai ban yang sudah digunakan pada sesi sebelumnya. Kami memakai ban baru saat percobaan terakhir dan saya bisa menajamkan waktu, ketika sesi harus diakhiri karena bendera merah. Kami akan menjalani dua balapan pada Minggu, jadi kami harus berkonsentrasi dan mencoba meraih hasil yang bagus”, terang Andi.

Sejak Jumat kami berusaha untuk mendapatkan set up terbaik, karena saya tidak mendapatkan feeling dengan motor, terutama ban belakang di mana saya banyak mengalami sliding dan spinning. Tahun lalu, saya balapan di sini di kelas Moto3, tetapi dengan motor Moto2 jadi lebih sulit karena berat motor bertambah. Namun, feeling dengan motor juga membaik. Tim sudah bekerja sangat keras, dan pagi ini kami menemukan set up baru yang membuat saya merasa jauh lebih nyaman sejak awal sesi. Pada QP1, saya bisa menajamkan waktu saya dibanding kemarin, dan pada sesi sore saya juga bisa cepat. Namun, saat melakukan lap terakhir, saya melewati oli di lintasan dan akhirnya terjatuh. Saya rasa kami akan bisa cepat saat balapan. Namun, posisi start di belakang membuat kami harus langsung menggebrak sejak awal”, ungkap arek Suroboyo tersebut.

Keduanya berada di posisi top 15 sepanjang hari, saat turun pada QP1 dan QP2. Andi menutup hari kualifikasi dengan berada di peringkat ke-14 dengan catatan waktu terbaik 1 menit 33,583 detik yang dibuat saat sesi pagi. Gerry Salim berada di posisi ke-15 dengan putaran terbaik 1 menit 33.590 detik, hanya 7 per seribu detik lebih lambat dari rekan satu timnya.

Balapan di Albacete akan berlangsung Minggu (13/10/2019). Balapan FIM Moto3 Junior World Championship akan berlangsung pada pukul 18.00 WIB, sementara Moto2 European Championship akan menggelar dua balapan pada pukul 16.00 dan 19.00 WIB. Balapan bisa disaksikan secara langsung di Channel YouTube FIM CEV.

Komentar

comments

Advertisements
Baca Juga :  Yamaha Aerox R,Skutik Imut dan Keren Beraura R Series.

Satu tanggapan untuk “Perjuangan Para Pembalap Muda Astra di Sesi Kualifikasi FIM CEV 2019 Seri Albacete.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.