Tips Aman Berkendara Ala Instruktur Safety Riding, Ingat 5P.

ZonaMotor.NET – Sobat pembaca dimanapun anda berada, berkendara sepeda motor dengan aman dan nyaman adalah dambaan semua pengguna kendaraan. Untuk itu, admin ingin berbagi tips aman berkendara dari Instruktur Safety Riding Astra Motor Papua.

Instruktur Safety Riding Astra Motor Papua, Irfandi Achmad menyatakan jika kesadaran berkendara masyarakat yang terlihat di jalanan Papua masih sangat minim.

Fakta ini tak bisa dibantah dengan tingginya angka kecelakaan yang melibatkan pengguna roda dua atau roda empat di Papua khususnya di kota Jayapura dan sekitarnya.

Faktor manusia yang masih kurang tertib terhadap peraturan lalu-lintas menjadi faktor utama penyebabnya”,ungkap Irfandi Achmad.

Baca Juga :  Begini Spesifikasi Yamaha Electric Vehicle.

Oleh karena itu , ia selaku instruktur Safety Riding Astra Motor Papua ingin berbagi tips berkendara aman di jalan.

Tips dimaksud dirangkum dalam sebuah rangkuman yang mudah diingat, yakni 5P.

Ingat selalu 5P sebelum berkendara, apa saja,kah ?

  1. Pastikan kondisi badan kita sehat dan segar sebelum berkendara , dengan keadaan badan yang sehat dan bugar konsentrasi saat berkendara semakin baik. Dan tidak dalam pengaruh obat terlarang dan minuman keras, karena dapat membuat kita dalam situasi berbahaya dalam berkendara.
  2. Periksa kondisi kendaraan apakah sudah siap untuk dipakai, bisa dimulai dengan pengecekan kondisi ban, lampu–lampu kendaraan,klakson, Oli, rantai kendaraan dan yang paling penting kondisi mesin sehat dan bahan bakar tersedia. Untuk lebih baik mengetahui keadaan kendaraan kita boleh pergi ke AHASS atau bengkel Honda terdekat dan melakukan pengecekan rutin minimal 1kali sebulan.
  3. Pakai Helm standart dan jaket, kelengkapan ini sudah pasti wajib kita gunakan dengan memakai Heln dan jaket minimal sudah bisa melindungi kepala dan badan kita dengan baik saat dalam situasi berbahaya, untuk lebih lengkapnya gunakan helm, sarung tangan, jaket , celana pangjang, dan sepatu.
  4. Patuhi rambu- rambu lalu lintas, dengan mematuhi rambu rambu lalu lintas kita bisa terhindar dari situasi berbahaya saat berkendara baik untuk kita sendiri maupun orang lain dan bisa memperlancar lalu lintas dijalan
  5. Persiapkan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan STNK kendaraan anda guna memperlancar pemeriksaan kendaraan saat pihak berwajib (Polisi) ingin memeriksa kendaraan kita.
Baca Juga :  Sudah Ada Lampunya dan Sudah Berfungsi...

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca dan save infografis berikut ini.

Dengan ini, kami Tim Safety Riding berharap tips aman berkendara yang kami berikan bisa bermanfaat dan membantu saat anda ingin mobilitas kerja dengan menggunakan sepeda Motor, dan Selalu #Cari_aman Saat Naik Motor”, tutup Irfandi Achmad

Komentar

comments

Baca Juga :  STNK Sementara..
Advertisements

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.