Melihat Lebih Detail, Assist/Slipper Clutch dan Quick Shifter Honda CBR250RR.

QUICK SHIFTER

Seperti sudah diketahui, Quick Shifter itu berfungsi untuk mempercepat perpindahan gigi tanpa mengoperasikan tuas kopling dan tanpa menurunkan rpm mesin melalui cara menurunkan bukaan throtle.

Quick Shifter merupakan rangkaian kerja piranti elektronik yang melibatkan beberapa sensor elektronik yang terhubung dengan ECM sebagai pusat pengendali.

Permulaan kerja Quick Shifter dimulai oleh aktifitas pengendara saat hendak memindahkan gigi persneling dengan menginjak tuas persneling yang gerakan ini dibaca oleh Shift Stroke Sensor dan lalu dikirimkan ke ECM sebagai info “ada INPUT bahwa ada niat dari pengendara untuk memindahkan gigi. ECM sebagai pengendali sebelum melakukan sinyal output sebagai respon dari info yang masuk, terlebih dahulu melakukan pembacaan RPM mesin (syarat bekerjanya Quick Shifter adalah RPM diatas 1500), pembacaan posisi gigi ( syarat bekerjanya Quick Shifter adalah posisi gigi bukan posisi N ). Setelah ECM melakukan pemindaian dan semua syarat terpenuhi,maka ECM melakukan output tindakan dengan mengendalikan bukaan throtle Valve, waktu pengapian dan waktu penyemprotan bahan bakar. Kesemua proses pembacaan sensor dari awal sampai akhir ini berlangsung sangat sangat cepat.

Baca Juga :  Daily Use Honda CRF250 Rally, Begini Rasanya...

Quick Shifter pada Honda CBR250RR bisa dikontrol sesuai keinginan rider.

Opsi quick Shifter CBR250RR :

  • Bisa di ON kan.
  • Bisa di OFF kan.
  • Bisa ON untuk perpindahan gigi naik (shift up) saja.
  • Bisa ON untuk perpindahan gigi turun (shift down) saja.
  • Bisa ON untuk shift up dan shift down.

Pengoperasiannya melalui tombol mode yang ada di stang kemudi sebelah kiri.

Baca Juga :  Suzuki Saturday Night Ride Banjarmasin,Populerkan Obyek Wisata dan Wisata Kuliner.

Yang perlu dicatat adalah mengganti mode Quick Shifter HANYA dapat dilakukan ketika sepeda motor dalam keadaan berhenti.

Cara pemilihan opsi / penggantian mode quick shifter adalah sebagai berikut :

  1. Putar kunci kontak ke posisi ON.
  2. Tekan dan tahan tombol MODE sampai indikator Quick Shifter berkedip. (Indikator Quick Shifter ada di layar speedometer bagian bawah).
  3. Tekan tombol MODE sampai didapatkan pengaturan yang diinginkan untuk dipilih.
  4. Untuk mengakhiri pengaturan tekan dan tahan Tombol MODE Pengaturan dapat diselesaikan dengan memutar kunci kontak ke posisi OFF.

Saat ini quick shifter sudah menjadi fitur wajib bagi motor yang berlaga di ajang balap, dan mungkin kedepannya nanti, motor-motor sport produksi massal dengan kubikasi kecil hingga menengah juga akan mengaplikasikannya.

Baca Juga :  Selamat Datang, Suzuki GSX-S150.

Sementara ini di Indonesia hanya CBR250RR Model Year 2020 yang memiliki fitur unggulan Quick Shifter ,yakni pada varian CBR250RR SP Quick Shifter.

Oke mas bro sekalian.., sementara ini dulu yang bisa Mas Sayur ceritakan hasil dari zoom meeting dengan tema sharing tekhnologi Honda CBR250RR bareng Astra Motor Papua.

Sebenarnya masih ada beberapa info yang Mas Sayur dapatkan dari meeting ini terkait CBR250RR , mungkin di tulisan berikutnya akan Mas Sayur tuliskan lagi.

Salam dari Jayapura.

Komentar

comments

Advertisements
Pages ( 2 of 2 ): « Previous1 2

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: