Review Singkat Toyota Calya , MPV Penerus Toyota Avanza.

ZonaMotor.NET -Kali ini kita akan membahas Toyota Calya dalam sebuah review singkat. Seperti yang kita tahu, mobil ini merupakan kembaran dari Daihatsu Sigra, hasil kerja sama antara Toyota—Daihatsu.

Toyota Calya sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016. Sejak itu, mobil ini juga sudah mendapatkan facelift dan pada generasi terbarunya, mobil ini mendapatkan pembaruan yang cukup signifikan.

Dengan mengusung slogan baru “Partner in Times”, penyegaran yang diberikan pabrikan pada Calya ini berfokus pada sisi fleksibilitas.

Pada bagian eksteriornya, Calya generasi baru memiliki desain yang terlihat modern dan bergaya.

Dilansir dari otoloka.id tentang Review Toyota Calya, secara sekilas, Calya memang memiliki bentuk desain yang mirip dengan pendahulunya, Toyota Avanza.

Tetapi dari segi dimensinya, mobil ini sedikit lebih pendek dibandingkan dengan pendahulunya tersebut.

Melalui review singkat ini, kita akan melihat apa saja yang ditawarkan oleh Toyota Calya untuk para konsumennya.

Nah, daripada penasaran, langsung saja kita lihat review singkat Toyota Calya berikut ini.

Dimensi Bodi Toyota Calya

Kita mulai review singkat Toyota Calya ini dengan membahas dimensi Toyota Calya yang diketahui memiliki ukuran panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.600 mm.

Baca Juga :  Serupa Tapi Tak Sama Mesin Honda CRF150L dan Honda Verza,Berikut Ini Perbedaannya.

Wheelbase atau jarak sumbu roda Toyota Calya memiliki ukuran 2.525 mm. Sedangkan ground clearance-nya berukuran 180 mm.

Meskipun mobil ini dimaksudkan untuk digunakan di perkotaan, mobil ini juga diklaim cukup andal di jalan bergelombang. Hal ini berkat penyematan sistem suspensi yang mumpuni pada mobil ini.

Untuk suspensi depannya, Calya mengandalkan suspensi MacPherson Strut dengan Coil Spring dan Stabilizer. Sedangkan untuk suspensi belakangnya, mobil ini mengandalkan suspensi Semi Independent Torsion Axle Beam dengan Coil Spring.

Sementara itu, untuk bannya, Calya diketahui menggunakan ban berukuran 175/65. Peleknya sendiri menggunakan pelek alloy berdiameter 14 inci.

Spesifikasi Mesin dan Konsumsi BBM Toyota Calya

Semua varian Toyota Calya dibekali dengan mesin yang sama, yakni mesin berkode 3NR 4 silinder segaris 16 katup. Mesin berkapasitas 1.197 cc ini dilengkapi dengan teknologi DOHC dan Dual VVT-i.

Untuk transmisinya, mesin yang digendong Calya ini dikawinkan dengan dua jenis transmisi. Ada transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Di atas kertas, mesin Toyota Calya ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 86 HP pada putaran mesin 6.000 rpm. Sementara torsinya bisa mencapai 107 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm.

Baca Juga :  Daily Use Honda CRF250 Rally, Begini Rasanya...

Tenaga yang dihasilkan mesin Calya ini disalurkan melalui sistem penggerak roda depan atau Front Wheel Drive. Dan sebagai mobil yang masuk ke dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC), mobil ini juga diklaim memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi.

Untuk melihat spesifikasi yang lebih rinci dari mesin Toyota Calya, mari kita lihat pada tabel berikut ini.

KETERANGAN SPESIFIKASI MESIN
Mesin 3NR 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC dengan Dual VVT-i
Kapasitas 1.2 L (1.197 cc)
Transmisi Manual 5 Percepatan / Otomatis 4 Percepatan
Tenaga 86 HP @ 6.000 rpm
Torsi 107 Nm @ 4.200 rpm
Konsumsi BBM Dalam Kota 13,9 km/liter
Konsumsi BBM Luar Kota 19,2 km/lite

 

Fitur Toyota Calya

Beralih ke bagian fitur pada review singkat ini, Toyota Calya diketahui memiliki fitur yang cukup lengkap. Sebagai fitur hiburan utamanya, mobil ini mengandalkan fitur Toyota Touch Screen unit dengan fungsi USB, Bluetooth, AUX-IN, DVD Player, dan iPod/iPhone Connectivity.

Untuk fitur keamanannya, Calya mengandalkan sistem alarm yang disebut Toyota Security System. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan Engine Immobilizer.

Baca Juga :  Data dan Fakta Perubahan Yang Membuat New CB150 R Streetfire Jadi Lebih Kekar dan Gagah.

Beralih ke fitur keselamatan pasifnya, sama seperti mobil pada umumnya, Calya juga dilengkapi dengan sistem airbags (Dual SRS Airbags) dan sabuk pengaman. Untuk menjamin keselamatan penumpang anak-anak, mobil ini pun dibekali dengan pengaturan kursi ISOFIX.

Beberapa fitur keselamatan aktif juga sudah disematkan pada mobil ini. Sebut saja sistem pengereman Anti-lock Braking System dan Electronic Brake Distribution.

Varian dan Harga Toyota Calya

Review singkat ini rasanya tidak akan lengkap jika kita tidak membahas tentang varian dan harga dari Toyota Calya. Di Indonesia, Toyota Calya ditawarkan hanya dalam empat varian berbeda yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 146,19 jutaan hingga Rp 167,49 jutaan.

Untuk rincian harga yang lebih jelas, mari kita lihat pada tabel berikut.

VARIAN HARGA
Toyota Calya 1.2 E STD MT Rp 146.190.000
Toyota Calya 1.2 E MT Rp 148.990.000
Toyota Calya 1.2 G MT Rp 155.290.000
Toyota Calya 1.2 G AT Rp 167.490.000

 

Advertisements

Comment with your Facebook account

Author: Mas Sayur

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.