Ini Perbedaan Spesifikasi dan Penggunaan Oli MPX 1, MPX 2 dan MPX 3.

Sobat pembaca sekalian, melanjutkan pembahasan tentang AHM oil, kali ini Mas Sayur ingin berbagi info tentang oli MPX 1 , MPX 2 dan MPX 3 yang merupakan bagian varian dari AHM Oil. Mungkin sebagian sobat pembaca sudah tahu tentang hal ini, ya. Tapi rasanya nggak ada salahnya Mas Sayur mengulangi. Ya….kali aja ada yang belum tahu dan setelah membaca ini menjadiΒ  tempet tahu. Hehehe ..

Sekilas info dulu, AHM Oil MPX 1, MPX 2 dan MPX 3 adalah oli yang direkomendasikan oleh PT AHM untuk digunakan di produk sepeda motor Honda AHM. Ini diformulasikan oleh Honda R&D Jepang demi menjaga mesin motor Honda tetap prima.

Tentu saja masih ada sobat pembaca yang bertanya-tanya, MPX 1 untuk motor apa sih ? MPX 2 dipakai buat motor apa ? dan MPX 3 buat motor apa pula ?

Peruntukan Yang Berbeda, Berdasarkan Tipe Kopling dan Usia Motor.

Pada dasarnya, ketiga varian oli MPX tersebut diatas kegunaannya dipakai berdasarkan tipe kopling dari mesin sebuah motor (kopling basah /kering). Kita tahu, tipe kopling basah diadopsi oleh mesin motor Sport dan Cub / bebek , sedangkan tipe kopling kering dipakai oleh motor matik.

Dan yang paling luar biasa menurut Mas Sayur adalah, salah satu dari ketiga varian AHM Oil MPX ini diperuntukkan motor yang sudah berumur, dalam artian untuk mesin motor lawas. Disinilah kita memahami jika motor -motor tua keluaran Honda, olinya masih diproduksi, mungkin sebagai wujud apresiasi atau apalah… Hehehe… Silahkan dinilai sendiri.

Ganti Oli Motor Harian,Pakai Yang Di rekomendasi Pabrikan Saja

Detailnya gimana ? Nanti Mas Sayur jelaskan. Sekarang mari kita bahas satu per satu.

Baca Juga :  Kencan Singkat Dengan New Honda ADV 160, Ini Beberapa Catatan Reviewnya.

AHM OIL MPX 1.

Oli ini diproduksi untuk pelumasan sepeda motor Honda yang menggunakan kopling basah. Artinya AHM Oil MPX 1 digunakan untuk pelumasan mesin motor sport dan bebek (cub).

Oli ini memiliki spesifikasi SAE:10W-30, API-SL, JASO:MA , apa artinya SAE ? apa artinya 10W-30 dan apa itu JASO MA ? Nanti ada artikel tersendiri. Kalau ditulis disini kayaknya terlalu panjang nantinya.

AHM Oil MPX 1 diformulasikan oleh Honda R&D Jepang dengan performa lubrikasi andal untuk melindungi sepeda motor Honda menjadi lebih irit namun bertenaga. Sangat hemat dengan interval penggantian yang lebih lama dan sekaligus mengurangi dampak pencemaran lingkungan. Memberikan daya lubrikasi sempurna untuk performa prima mesin sepeda motor Honda tipe kopling basah (Bebek dan Sport).

AHM OIL MPX 2.

Ini adalah oli yang diproduksi untuk sepeda motor dengan tipe kopling kering, artinya ini adalah oli untuk motor matik.

Spesifikasinya SAE 10W-30 JASO :MB

Semua skuter matik Honda direkomendasikan menggunakan oli MPX 2.

AHM OIL MPX 3.

Nah…,ini dia varian oli yang Mas Sayur sebutkan di atas sebagai oli untuk motor -motor Honda lawas.

AHM Oil MPX 3 diproduksi dengan tingkat kekentalan atau viskositas tinggi. Spesifikasinya 20W-40.

Kekentalan oli MPX 3 cocok untuk meain sepeda motor Honda lawas, bahkan yang sudah diproduksi seja Honda hadir di negeri ini.

Mengapa demikian, dikarenakan mesin Honda-honda lawas, kepresisian antar part tidak sepresisi mesin motor Honda produksi tahun terakhir. Sehingga memerlukan oli yang lebih kental daripada oli untuk mesin mesin motor Honda keluaran akhir akhir ini.

Hal ini sudah pernah bahas di artikel sebelumnya.

Silahkan cek di sini πŸ‘‡

Ganti Oli Honda Verza Dengan AHM Oil MPX 3.

 

Secara lebih rinci, Mas Sayur bisa tunjukkan bahwa AHM Oil MPX 3 ini cocok untuk motor motor Honda lawas, seperti :

  • Supra Bapak πŸ˜— , meliputi Honda Supra 100 CC dan Supra 125. Termasuk motor lain yang menggunakan mesin serupa, seperti Honda Karisma, Honda Kirana dan Honda Win 100.
  • GL Series. Termasuk di dalamnya adalah Honda GL 100, GL 125, GL Max , GL Pro,Β  GL 200 (Honda Tiger), Megapro dan Honda Verza.
  • Motor-motor Honda Jadul keluaran tahun 70-an seperti S-90 , C 70 , Super cub 700/800 , Astrea 800, Astrea Star dan Astrea Prima. Juga CB 100 dan CB 125.
Baca Juga :  Begini Gambaran Kenyamanan Riding Position Honda PCX 160.

Baiklah…, demikian tadi sedikit tulisan Mas Sayur kali ini, semoga bisa bermanfaat.

Dan jangan lupa, untuk menentukan keaslian AHM Oil yang kita beli, pastikan belinya di bengkel resmi Honda (AHASS) . Dan untuk cara mengecek keasliannya, ikuti petunjuk yang sudah Mas Sayur tulis sebelumnya , Di sini πŸ‘‡

AWAS…,Jangan Tertipu Lagi, Begini Cara Cek Keaslian AHM Oil, Oli Asli Sepeda Motor Honda.

 

 

Advertisements

Comment with your Facebook account

Author: Mas Sayur

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.