PY, Kode Plat Nomor Baru Dari Papua.

Sobat pembaca sekalian, seiring pemekaran provinsi di Papua, maka muncullah kode plat nomor kendaraan baru di Papua. Terbaru, di bulan Mei 2024 ada launching kode plat nomor baru , yakni PY.

 

Sebagaimana di ketahui, sejak Mei 2022 di Papua ada beberapa  Provinsi baru atau lebih di kenal dengan  DOB (Daerah Otonom Baru). Yakni Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan dan Provinsi Papua Barat Daya.

Baca : Daftar Kode Plat Nomor Kendaraan Bermotor Seluruh Indonesia Terbaru 2024.

Dan terkait dengan judul di atas, kode Plat Nomor Kendaraan yang baru saja launching adalah untuk wilayah Provinsi Papua Barat Daya.

 

Sebagaimana di kutip dari sorongnews. 👇

 

Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Provinsi Papua Barat Daya, serta PT.Jasa Raharja cabang Manokwari melaksanakan Launching Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) atau biasa yang disebut dengan pelat nomor di Hotel Aston Kota Sorong, Papua Barat Daya, Senin (27/5/24).

Baca Juga :  Para Pembalap AHRT Sapu Bersih Podium di Race ke-2 ARRC AP250 Australia.

 

Pj Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musaad dalam keterangannya mengatakan berdasarkan undang-undang Nomor 29 Tahun 2022 Tentang Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya, maka Provinsi Papua Barat Daya telah resmi menjadi Provinsi ke 38 di Indonesia terlepas dari Provinsi induk (Papua Barat).

 

Maka atas dasar itulah Kepolisian Republik Indonesia Melalui Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia Mengeluarkan Surat Keputusan Kapala Korps Lalu lintas Polri Nomor: Kep/29/1/2024 tanggal 29 Januari 2024 tentang penetapan kode wilayah registrasi kendaraan bermotor untuk Provinsi Papua Barat Daya, Serta Keputusan teknis Kepolisian Daerah Papua Barat Nomor Kep/195/HUK.4./2024 Tanggal 21 Maret 2024 Tentang Teknis Penomoran Registrasi Kendaraan Bermotor di Daerah Hukum Kepolisian Daerah Papua Barat dengan kode PY.

Baca Juga :  Berbagi Informasi Tips Aman dan Nyaman Berkendara Motor Ala Instruktur Safety Riding Astra Motor.

 

“Sebenarnya mau pakai PD tapi sudah dipakai daerah lain, maka dari itu PY juga sudah mewakili nama Papua Barat Daya, Ynya adalah Daya. Bisa juga menjadi Papua Yes,” imbuh Musaad.

 

Sementara itu, Kepala BPPKAD Papua Barat Daya, Harjito bahwa jumlah kendaraan di wilayah Provinsi Papua Barat Daya yang menjadi potensi Penerimaan Asli Daerah pada sektor Pajak Kendaraan Bermotor saat ini adalah 218.482.

 

“Pengalihan Nomor Register Kendaraan Bermotor NRKB dari Papua Barat (PB) ke Papua Barat Daya (PY) sangat Berpengaruh ke pada potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) khusunya sektor Pajak Kendaraan Bermotor” ujar Harjito.

Baca Juga :  Ego Tak Mau Pakai Helm dan Miras Makan Korban Lagi.

 

Ditambahkan olehnya, operasional penggantian plat kendaraan mulai hari ini, Senin (27/5) dan efektif untuk penganggaran awal Juni 2024 dan akan diikuti penghapusan denda pajak bagi warga yang migrasi.

 

Selain itu, untuk meningkatkan PAD dari sektor pajak kendaraan, akan dibuka kantor Samsat Maybrat dan Tambrauw melengkapi kantor Samsat lainnya yang sudah ada.

 

 

 

 

Advertisements

Comment with your Facebook account

Author: Mas Sayur