Kontroversi : Menelepon dengan Ponsel di SPBU Bisa Menyebabkan Kebakaran..???

Selama ini kita tahu ,setiap pom bensin alias SPBU ada tulisan DI LARANG MENGGUNAKAN TELEPON GENGGAM YANG ARTINYA TIDAK DI PERBOLEHKAN MENELEPON,SMS-AN ATAUPUN INTERNETAN DI AREAL SPBU. “Katanya” sich bisa menyebabkan kebakaran karena radiasi di telepon selular bisa memantikkan api kecil,atau apalah… Mas sayur sendiri kurang paham.

Dan kemarin,16/10/2013, ketika saudara jauh ber nickname Axer  memposting tentang hal tersebut, Mas sayur mendapatkan suatu pelajaran baru yang sangat kontras alias kontroversi dengn anggapan selama in di kalangan masyarakat umum,bahkan di kalangan blogger juga   😉

Baca Juga :  Kopdar Singkat dengan Admin Balimotoriders Blog

nelpon di spbu

Adalah seorang komentator di postingan tersebut ber nickname ekomoker

 yang jga seorang blogger,tapi ogah di sebut blogger motor   😉   menyampaikan opininya sebagai berikut.

ekomoker ss1

ekomoker ss 2

ekomoke ss3

ekomoker ss 4

ekomoker ss 5

Wew…dari percakapan di kolom komentar tersebut, di dapatlah sebuah pelajaran baru. Intinya,menelepon DI SPBU tetap merupakan larangan,namun yang perlu di luruskan di sini adalah,menelepon di SPBU TIDAK MENYEBABKAN KEBAKARAN seperti yang selama ini di percayai,namun menelepon di SPBU di larang ALASAN SEBENARNYA ADALAH KARENA RADIASI TELEPON SELULER MENGGANGGU RANGKAIAN ELEKTRONIK PENGATUR DEBIT BBM alias POMPA nya.

Baca Juga :  Kawasaki D Tracker Satu Hati ( ??? )

Supaya jelas silahkan simak video berikut :

Pengujian di ruangan yang berisi penuh uap bensin,di taruh ponsel di dalamnya dan di telepon berulang kali…

EFEK DARI ELECTRO STATIC DISCRGE , ada percikan api (akibat dari ESD )dari tangan wanita yang ada di lm video berikut, yg memicu kebakaran

Advertisements

Comment with your Facebook account

Author: Mas Sayur

52 thoughts on “Kontroversi : Menelepon dengan Ponsel di SPBU Bisa Menyebabkan Kebakaran..???

  1. RALAT PAKDHE , VIDEO TERAKHIR ITU EFEK DARI ELECTRO STATIC DISCRGE , ada percikan api (akibat dari ESD )dari tangan wanita tsb yg memicu kebakaran , bukan radiasi telpon yg menganggu pompa lho

  2. Mungkin kejadian kebakaran krn HP terjadi puluhan tahun yg lalu. Waktu itu HP masih segede batu bata dan powernya besar, sehingga dalam kondisi tertentu mungkin memicu timbulnya bunga api. Saya dulu pernah dikasih HP dinas yg kayak gitu.
    HP zaman sekarang udah kecil2 dan powernya rendah, sehingga (dalam kondisi normal) tidak cukup energy untuk menyalakan uap bensin.

    Tetapi ada baiknya kita tetap berhati-hati, dgn mengeliminasi sumber percikan api ketika berada di pompa bensin.
    Semua alat elektrik dan elektronik yg tidak bersertifikasi “intrinsically safe” seharusnya tidak digunakan di tempat yg ada uap mudah meledak. karena dalam kondisi abnormal (misalnya beterenya korslet), masih bisa terjadi percikan api yg memicu ledakan.

    Pengalaman saya bekerja lama di oil & gas industry mengajarkan bahwa kadang2 yg diperkirakan aman ternyata suatu saat bisa jadi tidak aman, Oleh karena itu adalah paling bijaksana jika kita mengeliminasi semua sumber yg berkemungkinan mengeluarkan percikan api.

  3. setuju sama komennya si Eko354
    hape jaman doeloe kan segede batu bata
    radiasinya aja bisa ngerusak saraf di otak, ngerusak radio komunikasi di pesawat, dan bikin pompa bensin meledak
    tapi memang untuk amannya ya gak usah main hape di deket tempat SPBU hehehe
    yang paling bener, di Pom bensin gak boleh ngutang :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.