Pasang Penahan Cipratan Lumpur Model Tua Bangka ( Spakbor Honda Win + Cepet Spakbor CB100).

ZonaMotor.NET – Sobat pembaca sekalian, salam sehat… Semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan , ( Cuci tangan ,jaga jarak dan pakai masker), sebagai ikhtiar kita menghindari penyebaran virus Corona.

Kali ini, Mas Sayur pengin bercerita tentang penahan cipratan lumpur di spakbor depan, yang namanya beda beda beberapa daerah, kita ambil nama yang populer saja,ya… Benda ini populer dengan nama cepet penahan cipratan lumpur. Di kampung sampeyan namanya apa,mas bro ? 😊

Berhubung kendaraan Mas Sayur adalah Honda Verza, yang mana model spakbor depannya badalah model umum sepeda motor sport pada umumnya di masa kini, yang terlihat sporty namun secara fungsional masih kurang maksimal, karena ujung bawahnya kurang sedikit ke bawah dan masih memungkinkan cipratan air naik mengenai kaki pengendara saat melewati jalan becek atau jalan berair. Bagi kebanyakan pemotor, kondisi seperti ini bukanlah masalah, mereka fine-fine saja, Mas Sayur pun juga demikian dari awalnya, namun setelah berpikir lebih jauh, kalau bisa dicegah cipratan lumpur/airnya, kenapa tidak ? 😊

Baca Juga :  Rem Cakram Macet/Lengket alias Terkunci,ini Penyebabnya [REPOST]

Solusinya memang nggak ada lain, yakni pasang Penahan cipratan lumpur/air. Bisa DIY ( : bikin sendiri dari bahan plastik /karet) ,bisa beli yang sudah jadi yang banyak dijual di toko online.

Cepet slebor depan Honda CB100

Mas Sayur mah ogah ribet, beli yang sudah jadi aja, beli aja cepet slebor depan milik cb100/s90z atau Suzuki A100 atau motor sport jadul yang lain, modelnya mayoritas sama .

Baca Juga :  Mempertahankan Stang Kemudi Original,Ini Alasannya.

Masalah yang muncul tentu nanti saat pemasangan, membutuhkan 2 lobang pada spakbor untuk mengunci cepetnya dengan baut dan mur kecil. Tidak bijak jika harus melubangi spakbor asli bawaan.Itu pengrusakan namanya.

Akhirnya putar otak… Hey….kenapa tidak ganti sekalian dengan spakbor depan klasik saja ? Yang dari plat besi,warna krom dan sudah ada lobang bautnya ? Yes….ide bagus..

 

 

Browsing sebentar.., akhirnya didapat juga spakbor depan Honda Win. Dan untuk memasangnya di garpu depan Honda Verza, ada sedikit trik tanpa harus merusak / merubah terlalu ekstrim adalah dengan klem baut bentuk U. Harga murah meriah dan banyak ditemukan di toko bangunan πŸ˜€.

Baca Juga :  Tips Aman Berkendara Ala Instruktur Safety Riding, Ingat 5P.

Bahan sudah siap semua dan tinggal pasang, saja. Tentu saja copot dulu spakbor aslinya. Hanya bermodalkan peralatan kunci T no. 10.

Setelah terpasang… Seperti ini hasilnya..

 

Lumayan lah…daripada lu manyun 😊 Tampilan klasik menjadi lebih kuat dan fungsi yang dicari ( menghalangi cipratan air dari ban depan ) didapat dengan sempurna.

Spakbor belakang bagaimana ?

Tenang saja sudah terpasang juga koq… Check it out... πŸ‘‡ 😊

Salam dari Jayapura.

Komentar

comments

Advertisements

Author: Mas Sayur

1 thought on “Pasang Penahan Cipratan Lumpur Model Tua Bangka ( Spakbor Honda Win + Cepet Spakbor CB100).

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.