Penyebab Oli Mesin Motor Berkurang, Padahal Tidak Berasap.

Oli merupakan salah satu suku cadang yang sangat krusial bagi mesin kendaraan. Fungsi oli selaku pelumas maupun penjaga suhu motor menjadikan oli penting sekali untuk dijaga kondisinya agar tetap optimal. Kondisi oli yang tidak baik dapat menjadi penyebab oli motor berkurang tapi tidak berasap dan berujung pada kerusakan mesin pada motor.

 

Biasanya saat oli berkurang bahkan habis, terdapat pertanda seperti asap putih yang keluar dari knalpot. Hal ini disebabkan oleh oli mesin yang menguap. Biasanya hal ini terjadi karena boring silinder baret yang ditandai mengeluarkan asap dari knalpot.

 

Kondisi oli motor berkurang tapi tidak mengeluarkan asap ini lazim terjadi pada motor-motor yang sudah berumur ataupun motor bekas yang tidak dicek kondisinya secara rutin. Kondisi ini juga lazim terjadi pada motor matik seperti Honda Beat keluaran lama.

DESCLIMER :

Ini tidak sedang membahas tipe / varian motor yang oleh sebagian pengguna motor di tanah air disebut Vampir oli. 😗

Baca Juga :  Motor "Kuda Beban",Ini Daftar Part Yang Sering Ambrol.

Jadi ini membahas kejadian yang umum umum saja , hehehe..

Penyebab Oli Motor Berkurang tapi Tidak Berasap

Seal Kruk As Yang Sudah Retak Karena Getas.

Ditengarai salah satu penyebab oli mesin motor terus berkurang namun tidak keluar asap putih dari knalpot adalah seal kruk as yang sudah retak atau getas. Hal ini menyebabkan oli mesin rembes ke area CVT.

 

 

Jika oli sudah rembes ke area CVT, seringkali terjadi slip. Hal ini disebabkan part CVT tidak seharusnya terkena oli.

Kondisi ini jika tidak ditangani dapat merusak CVT pada motor. Segera bawa motor Anda ke bengkel atau mekanik terdekat jika sudah terasa slip dari area CVT.

 

Baca Juga :  Kisah Panjang Revi si Revo Koperasi, Dari Papua Akhirnya Kembali [Lagi] ke Papua.

Saat mengganti seal oli, pastikan seal tersebut tidak penyok karena dapat mengubah diameter seal oli.

Pastikan juga jumlah oli sesuai dengan takaran yang ditentukan dan sesuai speknya. Umumnya terdapat kode yang berbeda antara oli matic dan oli motor bebek pada umumnya.

Karet Packing Head Yang Sudah Getas / Rusak.

Selain itu, karet paking head yang mulai getas atau rusak juga dapat menjadi salah satu penyebab oli mesin yang terus berkurang.

Hal ini dapat dicek dengan cara membongkar cover bodi motor di dekat dek kaki. Setelah itu cek rembesan oli, jika terdapat rembesan dari karet paking head maka sebaiknya Anda segera mengganti karet paking head tersebut.

Penguapan Oli.

Selain itu penyebab lainnya adalah pemakaian kendaraan secara ugal-ugalan. Mesin yang telalu diforsir performanya atau digeber dapat menyebabkan oli menguap dan berkurang.

Hal ini bisa dihindari dengan mengurangi berkendara secara ugal-ugalan.

Baca Juga :  Emang Boleh, Cuci Motor Pake Sabun Colek ?

 

Umumnya ketiga hal ini yang menyebabkan oli motor berkurang namun tidak berasap putih.

 

Meski demikian tak ada salahnya juga untuk mengecek komponen lainnya yang juga sering membuat oli motor berkurang misalnya saja pada ring piston.

 

Tanda Tanda Keausan Ring Piston.

Namun jika oli motor berkurang akibat ring piston aus biasanya terdapat asap yang cukup banyak.

Demikian juga ketika oli tidak diganti pada waktu yang lama. Motor akan mengeluarkan asap karena overheating. Oleh karena itu pastikan untuk selalu mengecek kondsii oli motor Anda secara berkala

Advertisements

Comment with your Facebook account

Author: Mas Sayur