Jalan Panjang Honda Megapro, Penguasa Yang Akhirnya Mati Mengenaskan.

ZonaMotor.NET – Terinspirasi dari booming nya sepeda motor custom yang lalu lalang di jalanan dengan basis mesin Honda Megapro, Mas Sayur jadi menerawang jauh ke belakang. Yuuup… tentang perjalanan panjang Honda Megapro di Indonesia.

Ini tulisan yang cukup panjang, ada 3 halaman :

  • Halaman pertama tentang pembukaan dan sejarah singkat Honda Megapro.
  • Halaman dua tentang detail Honda Megapro dari masa ke masa.
  • Halaman tiga tentang beberapa faktor yang membuat pamor Honda Megapro semakin meredup hingga akhirnya makin ditinggalkan konsumen dan puncaknya disuntik mati oleh Astra Honda Motor, dan pada halaman tiga ini akan disimpulkan apa sebenar-benarnya yang telah membunuh Honda Megapro secara pelan -pelan sampai akhirnya “mati ngenes” (tewas mengenaskan).

Pada zamannya, Honda Megapro adalah primadona kaum lelaki. Mengendarai motor sport memang ada pride tersendiri waktu itu, karena waktu itu ( sekitar tahun 2000 an ) masih belum ada sepeda motor dengan transmisi otomatis alias skutik yang beredar di tanah air, kalaupun ada hanya beberapa gelintir saja, itupun CBU dan bukan buatan Pabrikan asal Jepang (zaman itu sudah ada beberapa gelintir “sultan” yang memakai Jet Matic Kymco). Jadi populasi sepeda motor pada masa itu hanya didominasi 2 varian, yakni sport dan motor bebek (Cub).

Baca Juga :  Mio Celaka yang Tak Ber tuan...

Honda Megapro adalah penerus kejayaan dari Honda GL Pro, yang mana Honda GL Pro sendiri sudah menjadi primadona kaum lelaki saat itu sejak era tahun 80-an.

SEKILAS PERJALANAN HONDA MEGAPRO DI INDONESIA.

Secara singkat, Honda Megapro pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 dengan basis mesin Honda GL Pro Neotech 156 cc yang merupakan mesin Honda GL Pro edisi terakhir, tanpa perubahan di sektor mesin, termasuk minusnya elektrik starter. Baru kemudian pada Honda Megapro generasi ke-2 disematkan fitur elektrik starter pada mesin Kaizen 156 cc nya namun tanpa perubahan desain. Generasi ke-3 Honda Megapro mengalami perubahan desain sangat drastis ramping dan sangat sporty untuk ukuran masa itu, dikenal dengan Megapro Primus karena orang awam lebih kenal kepada Brand Ambassador nya yakni Aktor Primus Yustisio. Generasi ke-4 Honda Megapro berubah total baik desain maupun mesinnya, ini karena Honda Megapro generasi ke-4 atau lebih dikenal dengan Honda New Megapro ini merupakan pelokalan produk Honda dari India, yakni Honda Unicorn Dazler. Generasi ke-5 Honda Megapro adalah Megapro FI. Dengan mempertahankan mesin sebelumnya namun dengan pengaplikasian sistem pengkabutan injeksi khas Honda yakni Honda PGM FI, Honda Megapro FI tampil percaya diri dengan tetap mempetahankan desain generasi sebelumnya hanya dengan sedikit perubahan di area shroud tangki bahan bakar. Dan inilah generasi terakhir Honda Megapro. Karena pada pertengahan Februari 2019, tiba-tiba saja Honda Megapro FI menghilang dari list produk di website resmi Astra Honda Motor.

Baca Juga :  First Impression Honda New PCX 150, "Tak Seperti Yang Ku Bayangkan".

Mari kita coba ingat kembali satu persatu, Honda Megapro dari masa ke masa.

BACA DI HALAMAN SELANJUTNYA >>>>>

Komentar

comments

Advertisements
Pages ( 1 of 3 ): 1 23Next »

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.