STOP Menyemprot Lubang Oli Dengan Angin Kompresor Saat Ganti Oli.

Bro…, fakta di lapangan saat ganti oli masih ada mekanik yang menyemprot lubang oli dengan angin kompresor saat ganti oli. Tujuannya agar sisa oli di dalam mesin keluar semuanya. Dan kotoran di di dalam mesin bisa keluar bersama keluarnya oli saat di drain.

 

Dan “tradisi” ini seolah turun temurun dari generasi ke generasi.

 

Padahal, kebiasaan ini memiliki efek negatif yang jarang terungkapkan.

 

Emangnya apaan efek negatifnya ?

 

To the point’ aja, ya…

  • Angin dari kompresor mengandung uap air sudah tentu akan menempel di dalam mesin. Jika dibiarkan, tentu ini bisa berakibat buruk bagi mesin motor anda.

Selain itu, ada risiko yang lebih mengerikan ketimbang hanya uap air, dan ini berhubungan dengan salah satu komponen utama mesin, yakni filter oli.

Baca Juga :  Astra Honda Racing Team Berjaya di ARRC AP250 Sentul 2017,Gerry Salim Kokoh di Puncak Klasemen.

 

Seperti kita ketahui, filter oli berfungsi untuk menahan kotoran agar tidak bersirkulasi ke dalam mesin. Dengan kata lain, tanpa disemprot pun sebenarnya kotoran sudah disaring dulu sehingga yang ada dalam mesin merupakan oli yang sudah bersih.

 

Nah, saringan oli ini harus diganti secara periodik, dan biasanya dilakukan kalau pas servis besar. Cara melakukannya, kotoran-kotoran yang terkumpul di dalam filter ini akan dibersihkan, termasuk kotoran berupa gram atau bubuk besi yang tercipta akibat gesekan antar komponen di dalam mesin.

 

  • Saat bagian dalam mesin disemprot dengan angin bertekanan tinggi, tentu saja kotoran yang ada dalam filter oli ini akan tersembur lagi keluar. Masih mending jika kotoran ini keluar sehingga filter jadi bersih, tapi yang berbahaya justru kotoran gram ini bisa kembali ngumpet di sela-sela jeroan mesin.

 

Ini kabar buruk . Pasalnya bubuk gram yang bersembunyi di dalam sela-sela mesin berisiko membuat mesin cepat keropos. Dalam jangka waktu lama, kotoran ini bisa menyebabkan performa kendaraan jadi ambrol dan Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk services.

 

Bagaimana dengan sisa oli di dalam mesin kalau tidak boleh disemprot?

Begini solusinya..

Sebenarnya sisa oli di dalam mesin ini tidak seberapa kok, paling cuma beberapa cc aja. Tapi jika tetap ingin mengeluarkannya, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan kick starter (tentu saja posisi kunci kontak dalam posisi off).

Baca Juga :  Supra 100 vs Supra 125, Mana Lebih Rekomen Untuk "Kuda Beban" ? ( Pertanyaan Netizen).

 

Tidak perlu banyak-banyak, cukup gunakan kick starter 3-5 kali, dan ulangi langkah ini setelah motor didiamkan selama 10 menit. Jangan kaget jika oli yang keluar hanya sedikit, karena memang sisa oli kotornya hanya sedikit.

Selamat mencoba!

 

Advertisements

Comment with your Facebook account

Author: Mas Sayur