Astra Motor Papua Dukung Kampung Berseri Astra, Dihadiri dan Diresmikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

 

 

Festival Kampung Berseri Astra adalah suatu rangkaian festival kampung berseri ramah anak yang diselenggarakan oleh PT. Astra Internasional Tbk bekerjasama dengan Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI).

Astra Motor Papua sebagai salah satu anak perusahaan International yaitu PT. Astra International TBK, dan juga selaku Main Dealer Sepeda Motor Honda di Papua & Papua Barat mensupport kegiatan Festival Kampung Berseri Astra yang bertempat di kampung Enggros Jayapura, yang dilakukan pada tanggal 11 Desember 2017.

APSAI sendiri dipelopori oleh Lenny Rosalin, deputi bidang tumbuh kembang anak kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (KEMENPPA) semenjak 2011, dan diluncurkan di tahun 2013.

Kerjasama dengan Astra dimulai dari kota Medan, Semarang, Kupang dan Papua.

Dalam acara tersebut hadir meresmikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prof. Dr. Yohana Susana Yembise, DIP. APLING, MA, yang juga didampingi langsung oleh Walikota Jayapura Bapak Benhur Tommy Mano , Direktur pengembangan sumber daya manusia, Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal Kementeriaan Desa Bapak Priyono, Bupati Kabupaten Asmat Bapak. Elisa Kambu. Serta dari jajaran Top management PT. Astra International TBK. Head of Environment & Social Responsibilty Division PT. Astra International, Tbk Bapak. M. Riza Deliansyah, Head Security Division PT. Astra International, Tbk Bapak. Abdul Karim Suwandono.

Baca Juga :  Seberapa Patuhkah Anda Pada Peraturan Menyalakan Lampu di Siang Hari..?

Sedangkan dari perwakilan Astra Motor Papua hadir Administration & Finance Head Bapak Hendrikus Wikahuripan, dan Kepala kampung Enggros Bapak Orgenes Meraudje .

Kunjungan Menteri disambut meriah oleh Masyarakat Enggros dengan tarian selamat datang masyarakat setempat.

Menteri Yohana Susana Yembise menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada daerah di Provinsi Papua dan Papua Barat menerima penghargaan Kampung Layak Anak.

Terdapat 24 indikator dalam memenuhi kriteria Kota Layak Anak (KLA), beberapa daerah di Papua sedang mengejar indikator tersebut.

Dengan terealisasikannya Coorporate Social Responsibility Astra yang di dalamnya terdapat peresmian pusat informasi sahabat anak, ruang bermain anak, beasiswa, kesehatan, dan penyerahan akta kelahiran, menjadi pendukung indikator tersebut.

“ Acara ini adalah salah satu bentuk kepedulian Astra Motor Papua selaku Maindealer sepeda motor Honda di Papua dan Papua Barat dalam mendukung program pemerintah khususnya Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal Kementeriaan Desa, serta pembangunan & perlindungan perempuan dan anak di Papua. Dan yeng terpenting lagi adalah tahun 2020 kampung Enggros menjadi Kampung Wisata di wilayah Papua dan menjadi pusat destinasi pariwisata terbaik di Jayapura & Papua,” seperti disampaikan Hendrikus Wikahuripan selaku Administration & Finance Head Astra Motor Papua.

 

Ditambahkan oleh Head of Environment & Social Responsibility division PT. Astra International Tbk, Riza Delinsyah

”Kegiatan ini merupakan wujud nyata implementasi salah satu dari tiga pilar pembangunan yaitu peran dunia usaha dalam upaya pemenuhan hak anak atas pemanfaatan waktu luang, kreatifitas dan budaya, yang merupakan salah satu hak dasar anak yang harus dipenuhi oleh negara menurut konvensi hak anak (KHA).”
“ Kegiatan ini meliputi program penyediaan pusat informasi sahabat anak, dan ruang bermain ramah anak, pelatihan komputer, beasiswa, festival permainan tradisional dan bantuan alat sekolah,” tambah Riza Delinsyah.

 

Dalam rangkaian event tersebut diselenggarakan beberapa kegiatan diantaranya :

  1. Pemberian beasiswa lestari Astra untuk anak pelajar SD, SMP, & SMA.
  2. Bantuan 2.000 sepatu & 500 tas untuk siswa-siswi Kabupaten Asmat & Kampung Enggros.
  3. Bantuan 1.500 kacamata untuk siswa-siswi Kabupaten Boven digoel & Kampung Enggros.
  4. Peresmian ruang bermain ramah anak & pusat informasi sahabat anak oleh ibu Menteri.
  5. Pameran UMKM (kerajinan tangan), pasar murah (sembako 50.000), pengobatan gratis, pemeriksaan mata & pembagian kacamata.
  6. Anak-anak kampung Enggros minum susu bersama dengan Ibu Menteri.

Ragkaian kegiatan ini disambut meriah oleh seluruh warga dan elemen masyarakat Enggros dan yang tergabung, dimana Grup perusahaan PT. Astra International Tbk. Papua yang terlibat dalam prosesi tersebut diantaranya adalah PT. Astra Motor Papua, PT. United Tractors, PT. FIF, PT. AAB, PT. Traktor Nusantara, TRAC dan PT. Astragraphia ),yang sama-sama berkomitmen untuk memajukan Kampung Enggros dari 4 pilar yaitu pendidikan, kesehatan, UMKM, dan lingkungan.

 

Related post : Kampung Engros, click here.

 

 

 

 

Advertisements

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: