Plus Minus Jas Hujan Model Ponco dan Model Setelan, Mana Pilihanmu ?

Sobat pembaca sekalian, jas hujan merupakan sesuatu yang sangat perlu disiapkan oleh pengguna sepeda motor. Terutama saat musim hujan. Agar berkendara bisa tetap lanjut dengan sedikit resiko tetap basah di beberapa bagian tubuh. Namanya juga hujan, jas hujan tentu tidak bisa 100% memberikan jaminan terbebas dari basah akibat rembesan atau hembusan uap air hujan.

Berbicaralah soal jas hujan, saat ini kita mengenal ada dua jenis jas hujan yang populer di kalangan pengguna, yakni :

  • Jas hujan Ponco/Batman,dan
  • Jas Hujan model setelan baju dan celana.

Dari kedua jenis jas hujan tersebut diatas, kira-kira model mana yang lebih bagus dan rekomended ?

Tentu masing-masing model memiliki nilai lebih dan kekurangannya masing-masing. Dan disini, admin ingin sedikit berbagi tentang plus minus dari masing-masing model jas hujan tersebut diatas.

Semoga saja, sedikit sharing ini bisa bermanfaat bagi sobat pembaca yang kebetulan sedang bingung menentukan pilihan model jas hujan .

Kita mulai aja,yuuuk…

Check it out…

Pict : Shopee
  • Jas Hujan Ponco.

Jas hujan ponco sering disebut pula di kalangan masyarakat kita dengan sebutan jas hujan Batman atau jas hujan model kelelawar.

Baca Juga :  50 Model Motor Listrik Bersubsidi, Ada Yang Lebih Mahal Dari Honda EM1 , Lho..

Kelebihan jas hujan ponco.

Jas hujan Ponco memiliki kelebihan di segi kepraktisan saat hendak digunakan. Alasannya jelas. Kamu hanya membawa satu setel saja sehingga tidak memakan tempat di bagasi motor.

Selain itu , dari sisi penggunannya, jas hujan model ponco juga lebih praktis daripada model setelan baju dan celana. Kamu bisa memakainya dengan cepat dan tidak ribet.

Kelebihannya lagi, jika kamu membonceng teman atau keluarga, jas hujan model ponco juga bisa dipakai bersama-sama  karena ukurannya yang cukup besar.

Kekurangan Jas Hujan Ponco.

Dengan memakai jas hujan Ponco, artinya area kaki tidak terlindungi dari air, seperti yang admin jelaskan di paragraf awal tulisan ini. Dan itu artinya,bagian kaki kamu atau orang yang kamu bonceng tidak tertutup dengan sempurna. Alhasil, celana dan sepatu kamu bakal merasakan ganasnya guyuran hujan deras.

Sisi negatif lainnya  jas hujan ponco adalah memiliki resiko bahaya bagi diri sendiri atau pengendara lainnya.

Pertama, jubah yang panjang berpotensi menutupi lampu rem dan lampu sen motor kamu. Efeknya, tidak ada peringatan bagi pengendara di belakang kamu.

Baca Juga :  Busi Racing Untuk Harian, Apakah Aman ?

Selain itu, tak sedikit kecelakaan sepeda motor terjadi karena sayap dari jas hujan model ponco masuk ke jeruji motor atau tersangkut di setang pemotor dari arah berlawanan.

Pict : Tokopedia
  • Jas Hujan Setelan (Baju dan Celana)

Jas hujan model setelan (baju dan celana) ini bahasa kerennya adalah Two Piece. Karena terdiri dari dua bagian,yakni atasan (baju) dan celana (bawahan).

Kelebihan Jas Hujan Setelan.

Karena berupa baju dan celana dari bahan yang tak tembus air, maka jas hujan model setelan memberikan perlindungan yang lebih maksimal dari air hujan.

Selain itu, lebih nyaman digunakan dan lebih aman tanpa ada resiko menutup lampu sein dan lampu rem. Juga tanpa ada resiko nyangkut di stang motor dari lawan arah, seperti kasus jas hujan Ponco yang melambai tertiup angin dan mengenai pengendara motor yang lain.

Tak perlu pula ada kekhawatiran seperti kasus jas hujan Ponco yang ujungnya masuk ke rantai motor baru jeruji yang bisa membuat celaka, karena jas hujan ini model baju dan celana.

Baca Juga :  Debut Perdana di Thailand Talent Cub 2017,Pembalap Astra Honda Langsung Berjaya.

Kekurangan Jas Hujan Model Setelan.

Karena ini berbentuk baju dan celana, maka ada sedikit keribetan dan sedikit makan waktu saat akan memakainya. Berbeda dengan jas hujan Ponco yang tinggal masukkan kepala ke lubang kepala yang tersedia.

Selain itu, pasca pemakaian juga memerlukan sedikit kesabaran dan ketelatenan untuk melipat dan merapikan lagi jas hujan model baju dan celanan ini.

Satu lagi yang pasti, jas hujan model setelan tidak bisa dipakai bersama dengan boncenger. Tidak seperti jas hujan Ponco yang bisa dipakai bersama dengan boncenger.  Jadi jika berboncengan, wajib menyiapkan dua stel jas hujan model ini,buang artinya ada biaya tambahan lagi.

 

Naah…., Begitulah sedikit sharing yang bisa admin bagikan kali ini, semoga bermanfaat.

Advertisements

Comment with your Facebook account

Author: Mas Sayur

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.