Bensin Jenis Premium RON 88 Akan Resmi Dihapus Per 1 Januari 2023 [Sekedar Mengingatkan Lagi Aja πŸ˜— ]

Pict: hotfocus.com

Sobat pembaca sekalian, lama absen nggak nulis di blog sederhana ini, akhirnya kembali Mas Sayur sempatkan waktu mengisi halaman blog kecil ini. Baiklah, kali ini Mas Sayur ingin bercerita tentang bensin alias Bahan Bakar Minyak Produk PT Pertamina jenis Premium. Yang mana ini memiliki nilai oktan atau RON ( Research Octan Number) 88 , yang kabarnya Pertamin akan menghentikan penjualan Premium RON 88 per tanggal 1 Januari 2023.

Ngomongin soal Premium RON 88, sepertinya kalimat ini memang sudah mulai jarang di dengar telinga. Karena memang keberadaanya sudah ghoib alias susah ditemukan dalam kurun waktu 2 tahun terakhir. Ditambah lagi promo bensin RON 90 Pertamina ( PERTALITE) yang gencar, juga pernah ada programΒ  PERTALITE HARGA PREMIUM khusus angkot dan kang ojek , lama kelamaan ini membuat masyarakat “lupa” dengan bensin premium dan memupuk kepercayaan pada jenis bensin Pertalite.

Rencana Penghapusan Bensin Premium RON 88.

Kabar tentang akan adanya penghapusan bensin jenis Premium RON 88 ini sebenarnya sudah santer terdengar sejak beberapa tahun lalu. Bahkan sudah terendus warga sejak Pertamina meluncurkan Pertalite RON 90 pada 2015 yang lalu. 🀭 Obrolan warga di kalangan arus bawah yang peka, sudah bisa langsung menerka strategi dagang Pertamina dengan berkata, ” wah..ini nanti premium akan dihapus kayaknya, lihat nooh…,gantinya sudah muncul (Pertalite yang dimaksud πŸ˜—).

Dan ternyata benar , pada pertengahan 2022 terbitlah aturan yang menjelaskan itu semua.

Tidak Hanya Premium nya Pertamina Yang Akan Dihapus, Begini Aturannya.

Aturan resminya menyatakan bahwa yang akan dihentikan penjualannya adalah Bahan Bakar Minyak dengan nilai oktan (RON) dibawah 90. Dan aturan ini nanti akan berlaku bagi SPBU Pertamina dan Swasta . Ini artinya bukan hanya bensin jenis Premium Produk Pertamina yang terdampak, tapi juga produk bensin milik “penjual bensin” negara luar yang jualan di negeri ini yang memiliki RON 89 yang menghebohkan beberapa waktu lalu karena lebih murah dari Pertalite saat Pertalite naik harga πŸ˜—. Nggak usah dijelaskan detail,ya… sampeyan semua pasti sudah tau itu. 😊

Baca Juga :  PLN Segera Bangun Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di Jayapura.

Aturan resmi tentang hal tersebut ermuat di dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis BBM dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui SPBU dan atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

“Bahwa standar dan mutu (spesiflkasi) bahan bakar minyak jenis bensin (Gasoline) RON 88 yang dipasarkan di dalam negeri telah dinyatakan tidak berlaku terhitung mulai tanggal 1 Januari 2023,” tulis surat tersebut.”

Ketentuan Diktum Kesatu juga diubah sehingga berbunyi sebagai berikut:

  1. Menetapkan formula harga dasar sebagai pedoman perhitungan harga jual eceran Jenis BBM Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang disalurkan melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum dan/atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan di titik serah untuk setiap liter sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri ini.
  2. Formula harga dasar untuk Jenis BBM Umum Jenis Bensin (Gasoline) RON 89 sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri ini berlaku sampai dengan tanggal 31 Desember 2022.
Baca Juga :  Dua Pembalap Muda Binaan AHM Kibarkan Merah Putih di Asia Talent Cup 2019 Seri Burriram Thailand.

Selanjutnya, dalam ketentuan Diktum Ketiga diubah sehingga berbunyi seperti berikut:

  1. Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Niaga Minyak dan Gas Bumi wajib melaporkan penetapan harga jual eceran sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kedua kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi setiap bulan dan/atau dalam hal terdapat perubahan dalam penetapan harga jual eceran.
  2. Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Niaga Minyak dan Gas Bumi wajib menerapkan harga jual eceran yang ditetapkan sebagaimana dimaksud dalam huruf a.

Keputusan ini telah ditandatangani oleh Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Arifin Tasrif dan ditetapkan di Jakarta pada 11 Oktober 2022. ( Credit : Kompas.com)

Alasan Penghapusan BBM RON dibawah 90.

Pada akhirnya, pasti ada pertanyaan mengapa penghapusan BBM RON < 90 dihapus. Atas urgensi apakah penghapusan itu ?.

Masih dikutip dari kompas.com , alasan untuk hal yang kita bahas ini diutarakan oleh Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) Saleh Abdurrahman menjelaskan alasan pemerintah melarang penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) Research Octane Number (RON) 88 dan RON 89 per 1 Januari 2023.

Tentang Emosi Gas Buang dan BBM Ramah Lingkungan.

Menurutnya, pemerintah memang secara bertahap tengah bertransisi ke BBM ramah lingkungan.

“Kita secara bertahap menuju ke BBM ramah lingkungan,” ujarnya, saat dikonfirmasi olehΒ Kompas.com,Β Rabu (26/10/2022).

Baca Juga :  Cerita Tentang Bensin di Pedalaman Papua, Tentang Harga dan Kuota Pembelian.

“Kalau ini (larangan penjualan BBM RON 88 dan 89) memang kebijakan kita termasuk refers ke Kepmen KLHK No 20 tahun 2017 tentang emisi gas buang,” jelas Saleh.

BBM RON Minimal 90 lebih Hemat.

Selain itu, Saleh juga mengatakan bahwa BBM dengan RON minimal 90 justru lebih hemat dan lebih bagus untuk mesin kendaraan.

Sudah Siapkah Kita “Kehilangan” Jenis BBM Termurah Yang Pernah Ada ? πŸ˜—

Apakah kita sudah siap “kehilangan ” ?

Kita ..?? πŸ€”πŸ€”

Iyalah …kita… πŸ˜—

Kalau saya sih sudah siap dari awal, sejak premium RON 88 sudah mulai jadi barang ghaib yang susah didapat, saya pribadi pilih jenis BBM yang mudah didapatkan saja.

Bijak Saat Beli BBM, Pilih Yang Ready dan TIDAK ANTRI.

Yang sering saya lakukan dalam membeli BBM adalah apa yang ready dan TIDAK ANTRI. Jadi kalau pas masuk SPBU tidak tersedia Premium ya beli Pertalite. Kalau Pertalite antriannya panjang ya beli PERTAMAX .Jika PERTALITE dan PERTAMAX antriannya sama sama panjang ya pilih keluar SPBU lalu beli bensin ECERAN saja, GITU AJA KOQ REPOT 🀭

Biar apa, sich ? Ya biar cepat dan nggak makan waktu..

Time is money , brother…😘

Pada kondisi at work begini nggak bisa ngantri kelamaan di pom bensin, bisa kehilangan momen ditinggal para pelanggan 😊

 

Jangan Kaget, Segini Harga Bensin Eceran di Kota Jayapura Papua.

 

 

Advertisements

Comment with your Facebook account

Author: Mas Sayur

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.